Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Friday, March 9, 2012

Human Nature #1 : Estimability

Ragu juga sebenarnya, bener ga ya ada kata Estimability di kamus bahasa inggris haha, anyway kegiatan estimasi tidak hanya kita kenal di bidang akuntansi atau ekonomi, tetapi saya sendiri lumayan sering melakukan hal ini di kehidupan sehari-hari, ya kayaknya semua orang juga sering melakukannya.

Estimasi adalah suatu proses penilaian, saat seseorang memperkirakan besarnya sesuatu, dan dalam konteks ini, yang saya maksud adalah kemampuan seseorang untuk mengukur kemampuannya sendiri, yeah, it is easy to judge others, to perceive that our valuation, judgement, and estimation about others are objective, tapi yang lebih susah itu adalah ketika kita disuruh mengukur kemampuan diri kita sendiri secara objektif, sebab terkadang beberapa  orang cenderung menilai dirinya sendiri terlalu tinggi dan tidak sedikit juga orang meletakkan dirinya di skala yang cukup rendah dari semestinya..

Bagaimana dengan saya? haha sebagian besar orang berpendapat saya terlalu under-estimate terhadap kemampuan saya sendiri, yah, tapi ada suatu saat dimana saya suka menilai kemampuan saya terlalu tinggi, haha sebenarnya postingan ini dimulai dari suatu test, yang saya sangat percaya saya bisa memperoleh nilai yang lebih tinggi dari terakhir kali saya mengikuti test yang sama 4 tahun lalu di STAN, dan pemikiran itu juga semakin kuat ketika pelaksanaan test itu di hari-H nya, dengan fasilitas dan kondisi yang lebih baik (kecuali lupa membawa rautan pensil) menambah keyakinan saya bahwa hasilnya nanti pasti akan bagus, haha dan ternyata apa hasilnya? justru skor testnya mengalami penurunan yang cukup jauh, yah walaupun masih "lulus" dan saya tidak terlalu mempermasalahkan skornya, tapi tetep aja masih susah percaya haha,

Jadi saya juga ga tau, apakah saya bisa mengambil suatu pelajaran dari peristiwa ini, selain pelajaran bahwa menilai diri sendiri itu susah, haha dan namanya juga estimasi kalo salah-salah dikit wajar kan?, jadi jangan suka nge-judge orang lain, karena orang itu sendiri nge-judge dirinya juga susah haha dan akhirnya kesimpulannya selalu tentang relativitas, nothing is absolute except God in this world.

"Sadar dong, cuma ikan mati yang kebawa arus!"
- Hima Cipta Nirmala -

1 comments:

ciptanirmala said...

ketemuuu!!! ketemu blognyaaa... duh, jadi bangga nama asli ma kepajang, hohoho...

Post a Comment