Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Sunday, March 25, 2012

Going "Home"

Baru saja saya menemukan sebuah artikel yang menarik di edisi terbaru majalah LionAir yang saya tumpangi untuk ke jakarta jam 10 WITA tadi, artikel itu membahas tentang aktivitas "pulang" yang mana mungkin kebanyakan orang akan lebih mengenalnya dengan istilah "mudik".

Pulang bagi sebagian orang adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, mereka kembali bertemu dengan orang-orang yang dicintainya disana, tetapi tak sedikit juga yang ngerasa enggan untuk pulang dengan berbagai macam alasan tentunya, saya sendiri awalnya jujur, agak sedikit malas buat pulang ke Bali, ga tau juga penyebab pastinya apa, tetapi begitu di Bali, justru saya enggan kembali ke Jakarta, haha manusia itu memang aneh, bahkan saya sendiri belum paham benar dengan karakter diri sendiri :hammer, tapi sebenarnya kita harus bersyukur masih bisa merasakan momen "pulang", di majalah LionAir itu dijelaskan beberapa alasannya :

Pulang berarti kau memiliki "rumah"
kita mestinya bersyukur kita bisa merasakan sensasi "mudik" karena ga semua orang itu punya rumah yang benar-benar "homy"  kampung halaman memang selalu memberikan kesan yang berbeda, suatu kesan yang biasanya mampu membuat kita merasa nyaman dan damai berada disana, just be grateful you got a hometown, cause not everyone has it :) dan pulanglah untuk menunjukkan rasa syukur itu haha

Pulang itu adalah suatu "nostalgia"
Ya, berada di "rumah" selalu membuatmu teringat kembali akan kejadian lucu atau unik bahkan sedih di  masa lalu, nostalgia adalah sesuatu yang menyenangkan bukan? memiliki suatu memori akan kejadian dan kebiasaanmu di masa lalu selalu bisa kembali menyegarkan pikiranmu, kenangan yang menyenangkan akan membuatmu tersenyum sendiri begitu mengingatnya, kenangan yang "seru" akan membuatmu semangat untuk menceritakannya ke taman, bahkan kenangan yang sedih sekalipun akan membuatmu belajar untuk berintrospeksi dan mengambil hikmah dari kenangan itu, maka pulanglah, karena berada di rumah akan membuat otakmu "dipaksa" untuk mengingat memori dan kenangan yang menyenangkan itu.

Pulang itu berarti menunjukkan "Cinta"
Saya sering berfikir apa yang memotivasi teman-teman kampus saya dulu untuk bela-belain pulang kampung hampir tiap minggu, apa ga bosan dan capek? mungkin ada baiknya kita ngeliatnya dari sisi orang-orang yang dirumah,, mungkin kita nggak terlalu kangen ama orang yang di rumah, tetapi orang rumah itu sangat teramat kangen dengan diri kita, dengan pulang berarti kita menunjukkan cinta dan pengorbanan kita kepada keluarga dirumah bukan? bahkan dengan teman-teman lama juga.

Pulang adalah simbol "keberhasilan"
Terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari kampug halamannya, budaya kita mengatakan jika seorang anak yang sedang merantau dan mampu kembali ke rumahnya dengan biaya sendiri, berarti dia adalah orang yang sukses, masuk akal memang, mengingat biaya yang dikeluarkan  untuk "pulang" terkadang memang tidak sedikit, tetapi untuk di beberapa daerah, mungkin ukuran keberhasilan itu berbeda-beda, haha ini hanya sebuah stereotype umum untuk masyarakat Indonesia.

Pulang berarti "bebas"
Seseorang yang mampu pulang kapan saja ia mau, berarti ia memiliki kebebasan, bayangkan tidak semua orang bisa dengan bebas pulang-pergi kampung halaman seenaknya, seperti tentara yang sedang perang, atau TKI yang tinggal sangat jauh dari Indonesia, kita harusnya bersyukur bisa pulang dengan bebas ke kampung halaman, mungkin nanti ketika pulang itu sudah menjadi hal yang sulit dilakukan baru kita menyadari betapa rindunya kita dengan kampung halaman, haha.

Pulang itu adalah suatu "reminder"
Pengingat tentang latar belakang kita merantau, pengingat tentang apa tujuan kita bekerja di luar kampung halaman, seperti yang saya alami kali ini,  keluarga dirumah mengingatkan kembali apa cita-cita saya dulu, kenapa saya mengambil PMDK dan tidak mengikuti SPMB sewaktu tamat SMA, dan kenapa saya melepas PMDk itu haha, ya pulang membuat kita bisa berkomunikasi dengan keluarga mengenai langkah-langkah atau rencana kita kedepan, mereka adalah orang-orang yang dapat saya percayai sepenuhnya karena saya yakin mereka selalu bertujuan baik, walaupun mungkin pendekatan dan definisi "berhasil" bagi saya dan mereka adalah berbeda haha.

dan masih banyak lagi definisi-definisi dan arti penting dari "pulang" mungkin tulisan ini agak berbeda dari yang di LionMags ya setidaknya saya menceritakannya dari pandangan saya, tapi emang pas banget baca majalahnya pas saya selesai mudik haha, dan kapankah saya akan pulang lagi? haha mungkin lebaran kali ya, we'll see :D

"I'm going to the place where love and feeling good don't ever cost a thing"
- Daughtry, Home -

0 comments:

Post a Comment