Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Monday, January 30, 2012

SOPA, H.R #3261

SOPA, atau kepanjangannya Stop Online Piracy Act merupakan salah satu topik yang ramai diperbincangkan sejak awal tahun ini di internet, SOPA adalah suatu rancangan peraturan yang dikeluarkan oleh DPR-nya Amerika Serikat yang mana peraturan ini berisi ketentuan atau lebih tepatnya semacam pemberian "kekuatan" atau "kewenangan" baru bagi Departemen Kehakiman AS dan para pemilik hak cipta, untuk menuntut suatu situs atau search engine dalam memberikan link kepada hasil-hasil karya mereka tersebut tanpa izin, atau untuk mencegah terjadinya penjualan barang-barang yang berpotensi berbahaya secara unofficial seperti penjualan obat-obatan tanpa resep dokter di internet.


JIka kita lihat dari sudut pandang para anggota legislatif amerika serikat, dan bagaimana mereka berfikir untuk tetap menjadikan amerika serikat negara yang "selangkah di depan" ya, saya bisa mengatakan aturan ini ga salah, kita taulah banyak buku-buku terkenal, film-film populer, lagu-lagu yang bagus, yang mana pengarang, sutradara, artis, penyanyi, dan ide-idenya itu berasal dari negeri paman sam tersebut, dan selama ini kita, (saya termasuk :p) mendapatkan semua hal itu dengan mudahnya tanpa membayar sepeserpun (di luar akses internet), buku-buku? tinggal cari e-booknya di internet, film? apalagi, bahkan di server kantor saya, bertebaran film-film asing yang tinggal di kopi dan ditonton, apalagi untuk lagu, lebih banyak lagi situs-situs yang menyediakan link-link untuk men-download bahkan sampai beberapa album sekaligus, dan sekali lagi kita mendapatkan semua hal itu secara gratis, bayangkan jika negara kita Indonesia, berada di posisi AS saat ini, bukankah undang-undang ini adalah suatu instrumen yang tepat? Selain masalah hak cipta, undang-undang ini juga ditujukan untuk mencegah terjadinya penjualan barang-barang berbahaya di internet, seperti obat-obatan, mungkin di negara kita kasus ini jarang terjadi, tapi di AS, peristiwa seperti ini mulai meresahkan, banyaknya situs2 yang menjual obat-obatan tanpa resep dokter, dengan harga yang lebih terjangkau, yang mana tentu saja "menggoda" si sakit untuk membelinya, karena selain lebih murah, mereka ga perlu repot-repot ke RS untuk meminta resep obat tersebut..



Tapi justru aturan ini mendatangkan penolakan yang jauh lebih banyak dari pada persetujuan, banyak sekali yang protes mengenai "freedom of speech" manusia, internet adalah gudang ilmu yang sangat amat luas, kita bisa memperoleh banyak sekali pengetahuan, baik itu dari video-video yang ada di youtube, buku-buku yang tersedia, maupun dari berbagai macam hasil karya seperti lagu dan film yang bisa dijadikan referensi bagi seseorang. Memang SOPA ini hanya berlaku bagi hasil karya warga negara AS, namun itu jumlahnya sangat banyak, dan banyak yang khawatir tindakan AS ini akan diikuti oleh negara-negara lainnya, jika benar, draft peraturan ini diajukan dan apabila hal itu sampai terjadi makan bisa disimpulkan internet akan mati. saya pernah memposting video Jason Mraz di blog ini, dan itu bisa menjadi kasus, jika departemen kehakiman atau Jason dkk menemukan situs ini dan menuntut saya (walaupun kayaknya mustahil haha), yah ini cuma contoh bahwa blog saya yang ga seberapa inipun bisa menjadi korban, apalagi situs-situs yang jauh lebih besar, maka sebenarnya ga heran kalo Google, facebook, Yahoo, Twitter, Youtube, ebay, perusahaan-perusahaan networking seperti mozilla, perusahaan2 games, seperti zynga, pembuat antivirus seperti kaspersky, wikipedia yang sempat mem-blackout situsnya, bahkan Jason Mraz bersama 20 artis amerikapun menandatangani surat terbuka yang ditujukan kepada kongres mereka untuk memikirkan pengajuan draft undang-undang ini.


Menurut pendapat saya sih, niatnya bagus, mungkin caranya aja yang salah, saya juga ga setuju kalo SOPA sampai disahkan, ga bisa donlot2 lagi dong, nasib kaskus gimana? haha.. btw, mudah-mudahan mereka bisa menemukan solusi terbaik untuk mampu melindungi hak cipta seseorang tanpa menghambat kebebasan berekspresi orang lain, yah, jadi pemimpin itu memang ga mudah, banyak sekali konflik kepentingan yang berpotensi untuk muncul ketika suatu kebijakan diambil, tapi yah itulah mengapa rakyat memilih anda jadi pemimpin bukan? karena mereka tau kalian punya kemampuan yang lebih di bidang pemerintahan, so, keep fighting bapak2 DPR (Indonesia juga haha)!!!


Source : Wikipedia


"There's only one thing I value and that's loyalty. and wthout it, you're nothing!"
- Paul Zara, The Ides of March -

0 comments:

Post a Comment