Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Sunday, January 27, 2013

EPS-logy

EPS disini bukan akronim dari Earning per Share haha, tapi akronim dari Economy-Psycho-Sosio, jadi belakangan saya mulai tertarik browsing-browsing n baca artikel-artikel di wikipedia, tentang Psikologi manusia, bagaimana manusia mengambil keputusan dari sejenis game theory begitu mereka dihadapkan dengan faktor ekonomi dan faktor sosial hehe. Triggernya juga dari serial-serial macam Lie to Me ama Liar Game sih hehe.

Ekonomi dan Psikologi adalah beberapa cabang ilmu yang bagi saya menarik, belakangan saya mulai menemukan letak kesamaan kedua cabang ilmu ini, dan ternyata kaitannya memang cukup erat, Ekonomi dan Psikologi adalah dua komponen utama yang menyebabkan kita manusia melakukan tindakan dan mengambil keputusan sehari-hari, jadi mengapa kita memilih naik taksi daripada angkot, mengapa harga kopi di starbucks mahal, namun tetep banyak pelanggannya, mengapa para PSK tetap memilih bekerja sebagai PSK walaupun mereka mengetahui resiko terkena HIV cukup besar, kenapa seorang dosen mengajar dengan metode tertentu, jawaban-jawaban logisnya bisa kita cari tahu dengan menggunakan ilmu ekonomi dan psikologi standar, termasuk sosiologi, ketika keputusan-keputusan itu, berhubungan dengan orang lain atau kelompok. Hal-hal tersebut bisa kita baca di buku karangannya Tim Harford yang berjudul "The Logic of Life"  ama "The Undercover Economist" haha saya belum tamat baca dua-duanya sih :p.

Initinya ya bagi saya mempelajari hal-hal absurd kayak gini menarik, jauh lebih menarik dari Akuntansi yang pernah saya sukai waktu kuliah dulu, Kimia yang juga pernah saya sukai waktu SMA dulu, atau Bahasa Inggris yang sampe sekarang masih saya sukai, so interested eh? I bet you guys didn't haha.

"If you discovered something that make you tighten inside, you had better try to learn more about it"
 - Nicholas Spark, Message in a Bottle -

0 comments:

Post a Comment