Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Saturday, June 2, 2012

Comparation : Constructions

Yah, bulan Mei kemarin adalah bulan yang suram bagi mereka yang menginvestasikan uangnya dalam bentuk saham, rupiah, emas, komoditas tambang dan perkebunan, reksadana, dan lain sebagainya, sebab hampir semuanya mengalami penurunan terbesarnya untuk tahun ini, bahkan saham dan minyak mentah berada di posisi terendahnya tahun ini.

Cut-loss adalah hal pertama yang saya bayangkan ketika IHSG mengalami fase bearish, cut-loss adalah istilah yang digunakan ketika seorang investor memutuskan untuk menjual seluruh instrumen investasinya, sebelum kerugian yang terjadi semakin membesar, untuk saham, biasanya titik cut-loss adalah titik support kuat sebuah saham, dan akibatnya hampir 2 minggu saya tidak trading apa-apa sambil menunggu perkembangan IHSG, oh ya saya tidak menjual semua portofolio saya haha, karena beberapa saham seperti Eterindo Wahanatama (ETWA), dan Metrodata Electronics (MTDL) tidak mengalami penurunan yang cukup jauh, disamping itu kedua perusahaan ini kinerjanya sangat bagus di Q1 jadi saya masih berharap bisa rebound haha.

Nah, daripada ga ada kerjaan mending saya mencoba untuk membandingkan kinerja perusahaan-perusahaan konstruksi yang listing di IHSG, perusahaan konstruksi merupakan bagian dari kelompok "Property" di IHSG, dimana Property adalah sektor yang mengalami pertumbuhan terbesar di tahun ini, sektor property dari awal tahun sampai awal juni ini telah tumbuh positif 8% walaupun IHSG negatif 4-5%, menjadikan sektor property di IHSG dari tahun 2011 adalah sektor yang memberikan keuntungan terbesar bagi para investor. Oleh karena itu saya mencoba membandingkan 4 perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia, karena perusahaan-perusahaan ini juga memberikan imbal hasil yang lumayan besar hingga juni ini, and here they are :


1. Adhi Karya (ADHI)
Pasti gambar disamping bukan merupakan gambar yang asing bagi kita, saya melihat sign ini di bandara ngurah-rai yang sedang di renovasi. ADHI adalah sebuah perusahaan konstruksi yang didirikan tahun 1960, ADHI adalah perusahaan yang sepenuhnya milik pemerintah, sampai di Tahun 2003 pemerintah memutuskan untuk melepas 49% kepemilikannya ke publik dengan melaksanakan IPO, yang membuat Adhi Karya sebagai perusahaan konstruksi pertama yang listing di IHSG pada waktu itu.

Usaha konstruksi yang dilakukan oleh ADHI diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu Proyek Infrastruktur, yaitu proyek konstruksi yang dilakukan oleh ADHI untuk membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi, bandara, pelabuhan, dan lain sebagainya. Sedangkan yang kedua yaitu Proyek Bangunan, yaitu proyek konstruksi ADHI yang berhubungan dengan hotel atau perkantoran, rumah sakit, tempat tinggal, pabrik, pembangkit listrik, bangunan sinyal telekomunikasi, dan masih banyak lainnya. ADHI membagi line businessnya menjadi 3, pertama adalah konstruksi, kedua adalah EPC (Engineering, Procurement, Construction) dan yang ketiga adalan Investasi, walaupun line bisnis yang kedua dan ketiga lebih bersifat penunjang bagi pihak ADHI sendiri. Head Officenya terletak di Jalan Pasar Minggu Jakarta dengan lebih dari 20 construction divison yang tersebar di seluruh Indonesia, 1 EPC division di kebayoran baru, serta 2 divisi internasional yang terletak di Oman dan Qatar, maka jelas bukan bahwa ADHI adalah salah satu perusahaan yang matang, tau ga jembatan suramadu? Jembatan terbesar di Asia Tenggara yang dibangun dengan dana 4,7 trilliun rupiah itu, adalah konstruksi jembatan yang pembangunannya dipimpin oleh perusahaan ini haha.

Karena udah masuk Q1, jadi yang saya lihat cuma kondisi keuangannya di Q1 3 tahun terakhir


Terlihat bahwa performanya hampir tiap tahun mengalami kenaikan, kecuali di tahun 2012 ini Utang Jangka Pendeknya naik, dan disaat yang sama Utang Jangka Panjangnya turun, tapi secara overall D/E Rationya turun dari 0,96 menjadi 0,87, oh ya revenue nya turun tapi Operatin ama Net Profitnya naik, artinya cost efisiensi nya sudah semakin baik, terus satu hal yang cukup menarik adalah PER nya yang tinggi yaitu analyze 2012 nya sebesar 77,97x, yang menandakan saham ini dihargai sudah sangat tinggi, bahkan dengan RoA dan RoE nya yang tidak sampai 5%, hal ini sedikit membuat ADHI overvalued apalagi dari gambar diatas terlihat bahwa Quick Ratio ADHI sangat kecil dengan Cash 250B dan ST Borrowing sebesar 829,4B.

2. Wijaya Karya (WIKA)
Logo disamping juga kayaknya ga terlalu asing kan? Yang sering ke bandara pasti ngeh dengan lambang ini, haha Ya Wijaya Karya adalah salah latu lead-construction dalam pembangunan Soetta "Aerotropolis" 2014. WIKA dibentuk dari nasionaliasasi perusahaan Belanda Nv Vis en co. pada tahun yang sama dengan ADHI yaitu 1960. Wijaya Karya, sama halnya dengan ADHI adalah perusahaan yang awalnya 100% milik pemerintah, sampai tahun 2007, dilakukan IPO dengan melepas kepemilikan pusat sebesar 28,46% ke publik. WIKA memiliki 5 anak perusahaan untuk lebih mengoptimalkan performa perusahaan di tiap divisinya, kelima perusahaan itu antara lain : PT. Wijaya Karya Beton untuk spesialisasi produk beton, PT. Wijaya Karya Realty untuk spesialisasi divisi Realty, PT. Wijaya Karya Intrade sebagai pengembangan divisi Industri dan Perdagangan, PT. Wijaya Karya Gedung untuk spesialisasi pembangunan high-rise building, serta PT. Wijaya Karya Insan Pertiwi yang merupakan akuisisi 70% saham PT. Catur Insani Pertiwi, dan tahun 2009 bersama dengan PT. Jasa Sarana dan RMI, WIKA mendirikan PT. Wijaya Karya Jabar Power yang bergerak dibidang konstruksi Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP), dan dengan semuanya itu WIKA berupaya menjadikan dirinya sebagai perusahaan EPC dan Investasi terintegrasi terbaik di Asia Tenggara. WIKA sendiri membagi bisnis unitnya menjadi 4 yaitu Konstruksi Sipil yang bergerak dalam pembangunan beberapa pembangkit listrik, Konstruksi Bangunan, yang bergerak dalam pembangunan rumah hunian, maupun perkantoran, Rencana Industri, yang membagun pabrik-pabrik, dan kilang minyak, serta Energi, yang fokus ke EPC untuk pembangkit listrik.

Performa WIKA terlihat cukup bagus, Profitnya terlihat terus mengalami kenaikan dalam 3 tahun terakhir, walaupun Cash nya agak sedikit berkurang, PER nya berkisar di 14,74x jauh lebih rendah dari ADHI, walaupun RoA dan RoE nya agak sedikit stagnan dari tahun ke tahun, disamping itu Current Rationya >1 dan D/E Ratio hanya 0,24 menyebabkan kita bisa lebih merasa aman, jika sewaktu-waktu WIKA terpaksa membayar utangnya haha.

3. PP (PTPP)
PTPP didirikan pada tanggal 26 Agustus 1953 dengan nama NV Pembangunan Perumahan. PP adalah perusahaan yang membangun Hotel Indonesia yang saat itu adalah bangunan tertinggi di Indonesia. PP baru listing di bursa pada Februari 2010.
PP sendiri membagi bidang kerjanya menjadi 3, yaitu Construction Service, yang meliputi pembangunan Konstruksi Publik, seperti Bangunan tingkat-tinggi, pembangkit listrik, jalan dan jembatan, serta waduk dan irigasi, Property and Realty, adalah line-business PP di bidang pembangunan hunian/rumah tinggal seperti Apartemen, Hotel, Perkantoran, Mall, Pusat Perdagangan, dan Perumahan. Investment in Infrastructure Project, adalah bagian yang berfokus pada sektor infrastuktur yang salah satunya sedang dikerjakan adalah pembangunan jalan tol Depok-Antosari. PP tidak memiliki anak perusahaan, tapi PP berinvestasi pada 3 perusahaan lainnya seperti PT-PP Taisei Indonesia Construction sebesar 15%, PT. Mitracipta Polasarana yang bergerak dibidang Rental and Office Space sebesar 4,6%, serta PT. Citra Waaspphutowa sebesar 12,5% yang bergerak di manajeman jalan tol (proyek depok-antosari).


Karena didirikan di Q1 2010 maka laporan Q1 2010 nya belum ada haha, dan untuk melihat data 2 tahun kayaknya kurang deh, jadi biasa di buka di situs officialnya untuk melihat annual report 2011 untuk 5 tahun terakhir. Dari yang saya lihat di annual reportnya, kinerja PP lumayan bagus, hampir tiap tahunnya terus mengalami perkembangan.

4. Total Bangun Persada (TOTL)
Total Bangun Persada adalh perusahaan konstruksi yang didirikan sekitar tahun 1970, sama seperti ketiga perusahaan lainnya diatas, TOTL mempunyai beberapa fokus, yang pertama adalah Construction Building, yang berfokus kepada pembangunan seperti office dan commercial building atau industrial buildings dan resorts, sedangkan yang kedua adalah komitmen perusahaan untuk memberikan standar internasional kepada bangunan-bangunan yang akan dibangun di Indonesia, dengan demikian Total lebih berfokus kepada added-value yang diberikan oleh perusahaannya dibanding dengan fisik bangunan itu sendiri. TOTL listing di bursa sejak tahun 2006, dan selain di bidang konstruksi, perusahaan ini juga bergerak dibidang Design and Building, jadi TOTL tidak hanya bisa membangun, tetapi juga bisa membuatkan design bangunan yang akan dibangun sesuai dengan permintaan dari client, fitur unik yang tiga perusahaan sebelumnya tidak memilikinya. Untuk laporan keuangannya sendiri bisa dilihat sebagai berikut :

Terlihat bahwa perusahaan ini sedang di jalur yang benar, cash terus meningkat, pinjaman berkurang, EPS bertambah, mungkin yang agak aneh di bagian revenuenya dan profit, sekilas terlihat kalo net profitnya meningkat, padahal operating profitnya menurun, jadi sebenarnya untuk Q1 2012 kinerja TOTL bisa dibilang sedikit menurun dibanding Q1 2011.

Nah, lalu perusahaan manakah yang paling bagus untuk dijadikan investasi, itu semua tergantung dari masing-masing, mungkin kita bisa melihat website masing-masing entitas untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan, proyek-proyek apa saja yang in progress serta bagaimana strategi perusahaan ke depannya, tapi kalo kita lihat dari performa Q1 2012 dan perbadningan harga sahamnya saat ini kita bisa melihat di tabel ini :

Sales Growth terlihat bahwa WIKA dan PTPP berhasil tumbuh lebih dari 10% dari Q1 2011 ke Q1 2012, sementara ADHI negatif 5,38% dan TOTL negatif 16,13%, hal ini menandakan WIKA dan PTPP kinerjnya cukup baik untuk Q1 tahun ini.

Profit Growth walaupun ada yang Salesnya negatif tetapi keempat perusahaan membukukan Gross Profit, Operating Profit, serta Net Profit yang positif di Q1 ini, dengan WIKA memimpin di Gross Profit, sedangkan untuk Operating Profit dan Net Profit tidak berbeda terlalu jauh,

EPS dan PER EPS adalah seberapa besar earning yang didapat dari 1 lembar saham yang bersangkutan, disini terlihat WIKA lagi-lagi berada di depan, dan ADHI lagi-lagi berada di belakang, dan untuk PER terlihat harga saham yang masih "murah" adalah WIKA dan TOTL, sedangkan ADHI dihargai sangat mahal, mungkin memang ada beberapa hal yang menyebabkan hal itu hehe

RoA RoE pengembalian atas aset dan ekuitas terbesar dimiliki oleh TOTL, menandakan bahwa TOTL adalah perusahaan yang sedang giat berkembang, WIKA juga memberikan Return yang lumayan, sedangkan ADHI dan PTPP tidak sampau 10% dalam setahun haha.

D/E Ratio dan PTPP memiliki rasio hutang terhadap modla yang paling tinggi, disusul oleh ADHI, untuk WIKA dan TOTL rasionya sudah termasuk sangat rendah.

Jadi dari data ini manakah menurut kalian yang paling layak untuk dikoleksi?  atau kita bisa melakukan valuasi terhadap masing-masing saham haha

"Never test the depth of the water with both feet"
- Warren Buffet -


19 comments:

diana.laurencia said...

waskita?

Nikki Wirawan said...

wah diana, komen di blog jadulz, belum ipo lah waskita jaman ini di wkwkkwk

DIMENSI BLOCK said...

waduh kontraktor besar ya hehehe

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Unknown said...

Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
 
Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
 
Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

Herman Kamil said...

Assalamu'alaikum wr wb,

Jika Bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli di mana anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800.000.000.00 aku digunakan untuk merenovasi sekolah saya dan yang lainnya onece aku digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati ke kontak Email mereka: (islamicloanempowerment@gmail.com)

Wassalamu alaikum wr wb.

"ISKANDAR LENDERS" said...

Assalamu'alaikum
'Insya Allah' ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM menawarkan pinjaman dengan tingkat persentase tahunan yang sangat rendah APR menghubungi kami melalui e-mail kami: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} untuk menikmati hal berikut: apakah Anda ditolak oleh Bank sebagai Hasil dari sejarah kredit buruk Anda adalah Anda berutang secara finansial apakah Anda memerlukan dana untuk ekspansi bisnis atau Anda ingin memulai bisnis dengan tambahan modal atau Anda memerlukan pinjaman yang sangat besar untuk melaksanakan proyek antara lain dengan ISKANDAR LOAN FIRM Anda dapat mengatakan "Alhamdulillah" karena kami menjamin kelayakan kepercayaan kejujuran 100% dalam layanan kami menghubungkan kami segera BBM INVITE: {D8980E0B} atau melalui alamat e-mail di atas Assalamu'alaikum wr wb,

AHMED.E said...

Selamat siang

ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
BBM: D8633B93

Lady Jane said...

Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

Widya Okta said...

Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Unknown said...

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Anda benar-benar membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda berhutang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis dan semua jenis pinjaman dengan bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (pattersonnullloanfirm@gmail.com)

OKTA MIRA said...

Nama saya adalah Okta Mira Anda dipersilakan untuk ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah defisit keuangan menjadi individu yang kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang bertekad dan memiliki sumber daya keuangan yang baik tempat berselingkuh atau merampok Orang-orang dari uang mereka adalah tabu tempat di mana Anda dilengkapi secara finansial untuk mengatasi kekurangan keuangan saya telah mengulurnya itulah sebabnya saya datang ke sini untuk memberi tahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY adalah untuk menyediakan dana dalam mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:
✓ Tagihan Rumah Sakit
✓ Renovasi Rumah
✓ Pembesaran Bisnis
✓ Refinancing Ekstensi Pertanian
✓ Penambangan Emas
✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
  Semua ini dan banyak lagi
Gmail:{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
         ➡ {WhatsApp Only:{+33753893351}
        ➡  BBM INVITES:{D8980E0B} {4424A}

"ISKANDAR LENDERS" said...

Kami menawarkan pelbagai perkhidmatan kewangan Vis-a-vis: Perancangan Perniagaan, Pembangunan Komersil dan Kewangan, Hartanah dan Gadai Janji, Pinjaman Penyatuan Hutang, Pinjaman Perniagaan, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Semula, Rumah Minat Berfaedah untuk individu, syarikat dan entiti undang-undang .....
hubungan cepat
What'sApp: [+44] 7480 729811
☎ .............: [+44] 7480 729811
e_mail .. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]


Ditandatangani:
Pengurusan.
Salam.
Status: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
© Copyright The Iskandar Lenders Group 2019

Siti Aminah said...

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

Sandra Ovia Loan Firm said...

Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

RIKA NADIA said...

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

Anonymous said...

Queen Jamillah telah meninggalkan komentar baru terhadap posting "BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO":

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Data pribadi
negara: Indonesia
Nama: Queen Jamillah
Alamat: Nusa Lembongan
Telepon:+62 856-9328-4991
WhatsApp:+62 856-9328-4991
https://twitter.com/queen_jamillah
e_mail: queenjamillah09@gmail.com
Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini

WhatsApp:+62 856-9328-4991

e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

RIKA NADIA said...

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

Pak. WIDODO said...

Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

Post a Comment