Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Saturday, February 11, 2012

Overheards in Feb!

Hmm, sebenarnya ga semuanya Overheard sih, ada yang bener2 ngomong ke saya langsung haha, seminggu ini banyak obrolan atau "overheard" yang bisa membuat saya tertegun, tersentak, "jleb!!", atau apalah istilahnya dan beberapanya antara lain :

1. Step On Me Please!
Where : Pura Aditya Jaya Rawamangun
When : Sunday, Mid-noon
Who : The Bathroom Cleaner

Ya, minggu kemaren saya sekedar mampir ke pura untuk sembahyang sebentar (berusaha tobat :P), sebelum leyeh2 di kamar haha, waktu itu cuacanya rada gerimis dengan cuaca sekitar 26 derajat celsius wkwk, otomatis jalanan jadi basah, seperti biasa sebelum sembahyang saya ganti pakaian dulu (kamben + udeng) ke kamar mandi, soalnya biasanya saya suka make celana pendek buat jalan keluar, nah begitu mw masuk ke kamar mandi, saya ngeliat ada ibu-ibu sekitar umur 40-an sedang mengepel lantai yang letaknya antara pintu masuk WC cewek ama cowok, nah pas di undakan kecil sebelum pintu masuk WC cowok itu ada keset yang masih bersih, tapi ada space sekitar 1 kaki pria dewasa di undakan itu yang ga ke-cover ama keset itu, nah saya memutuskan untuk masuk ke WC tanpa menginjak keset itu, soalnya saya pikir "kasian keset baru, entar kotor lagi gara2 sandal saya yang udah nginjek beceknya jalanan" tapi begitu 2 detik masuk, saya denger ibu itu sedikit ngedumel dalam bahasa bali, yang kalo diindonesiakan artinya kira-kira kayak gini : "ada keset bukannya dibersihin dulu kakinya. bikin capek orang aja bersihin WC lagi", dan jleb saya langsung sadar betapa bodohnya saya ga nginjek tuh keset, mungkin kalo saya injek yang bakalan kotor cuma sebuah keset dengan luas 60x40cm, tapi karena saya ga nginjek yang jadi kotor malah lantai kamar mandi yang luasnya bisa 6x4meter, hehe ampura bu! ga lagi-lagi deh hehe,
What : 1. Yang lu pikir baik, belum tentu benar-benar baik bagi orang lain
             2. Keset ya buat dipijak, gimana sih! haha

2. Money can't buy Happiness
Where : PDRD I, Workplace
When : Monday, 30-60 minutes before  DotA Time :P
Who : Workmate + The Head of Sub-Directorate I

May I say I love Monday?, haha mungkin bagi sebagian besar orang senin adalah hari yang paling menjengkelkan haha, tapi bagi saya dari 5 hari kerja, senin dan jumat adalah hari yang paling menyenangkan, sedangkan selasa dan kamis adalah hari yang paling menyusahkan haha (abaikan), nah, hari itu saya diperintahkan kasi tercinta untuk membuat surat sosialisasi beserta undangan dan permintaan narasumber ke belitung dan belitung timur, walaupun ST nya belum dibikin (saya berharap nama saya ada :P), nah surat-surat itu selesai saya buat dan saya masukkan ke ruangan pak kasubdit sekitar jam 2 siang, waktu itu pak kasubdit sedang rapat diluar, sehingga beliau belum sempat memeriksanya sampai jam 3.30 waktu beliau sudah kembali ke ruangan, nah sekitar jam setengah 5 beliau keluar dan menyuruh saya memperbaiki beberapa hal yang keliru, dan saat itu terjadilah percakapan antara saya, pak kasubdit dan salah seorang staf lain, yang kira-kira kayak gini:

N : saya, S : pak kasubdit, A : temen staf
S : Nik, ini nama anggota DPR nya dilengkapin ama titelnya ya,
N : baik pak!
S : Oh ya, kita dapat giliran jaga kandang ya minggu ini?!
A : Iya ya pak? subdit 5 ada kok pak
S : Iya hari ini ada, besok udah berangkat mereka
N : Oh yang ke jambi itu pak ya?
S : Iya, kita aja yang belum pernah berangkat, jaga kandang terus, yang lain udah 2-3 kali bulan ini
A : bukannya dari tahun kemaren juga kayak gitu ya pak?
S : Iya juga ya A!, tahun kemarin kita juga yang paling sedikit (sambil tetap tersenyum)
A : tapi gapapa pak, yang penting kita bahagia pak di subdit ini.
N : haha, bahagia ya A! ( sambil sedikit tertawa )
S : Bener si A nik, jangan salah kemaren Pak S** subdit 3 juga bilang kayak gitu, dikiranya kita sering makan-makan ada yang traktir
A : Padahal dari uang kas ya pak haha
S : Iya, sampai nanya2 dia sama saya haha, okelah ya nik, kalau udah selesai kasi ke saya lagi ya!
N : baik pak (sambil sedikit tertegun)

Ya, hidup itu memang adil, semua hal itu ada negatif dan positifnya, saya jujur kadang iri ngeliat mereka yang sering jalan, tapi setelah difikir2 lagi, mungkin saya adalah salah satu yang beruntung ditempatkan di subdit ini, yah walaupun saya masih harus banyak belajar nih mengendalikan sadripu saya, dan hidup ini memang tidak adil bagi mereka yang tidak tau caranya bersyukur, jadi ketika kita iri, pikir lagi, bukankah iri itu tercipta karena kita tidak cukup bersyukur? (sok tua mode) haha.

What : 1. Be Grateful!!!
             2. There's indeed! something that money can't buy.

3. Facebook Friends?
Where : DJPK's Lift, From 10th Floor to 3rd Floor, Pistop-6th and 4th Floor :P
When : Wednesday, Between 9-9.30am
Who : Staf at Directorate of Fiscal Balance


Siang itu saya turun ke bawah pengen ke koperasi BKF buat beli roti, gorengan, dan teh botolan yang hampir tiap hari saya konsumsi (kebiasaan jelek jangan ditiru!), soalnya agak males sarapan ke bekasi (belakang kantor polisi) atau wahidin kalo sendirian, nah saya menaiki(menuruni kali ya) lift di sayap kiri diantara lift khusus eselon 2 keatas dan lift "spooky" yang sering "anjlok" dan mati mendadak selama 5 detik haha, begitu lift mencapai lantai 10, lift berhenti, dan naiklah seorang pelaksana senior (yang pernah jadi dosen STAN) yang merupakan teman facebook saya dan percakapan ini pun terjadi :

N : saya R: Pegawai Senior
R : mas yang namanya nikki ya?
N : Iya pak,,
R : Iya kayaknya temenan di facebook cuma ga pernah ketemu yang mana orangnya (sambil mengajak salaman)
N : hehe, iya pak saya pernah ngeliat bapak ngajar di STAN soalnya..
Setelah itu beliau bertanya dimana saya ditempatkan, dan saya balik bertanya bagaimana rasanya kuliah di luar negeri, yah singkat memang tapi obrolan itu cukup membuat saya tertegun dan sedikit malu, malu karena beliau yang menyapa saya duluan, dan malu karena temenan di facebook sudah lama tetapi baru kali itu ngobrol langsung haha.

What : 1. Jangan malu-malu, belajar ramah sedikit!
             2. Not all your Facebook friends is your real friends right? haha

4. It Burns Your Money Madam!
Where : Metromini no. 49 - Matraman
When : Friday, about 3 hours ago
Who : A Mother and Father with their 2 cute Daughters


Kalo udah nyampe matraman ya seperti biasa pilihannya ada 2, Metromini 46 yang dari Kampung Melayu, atau 49 yang dari Manggarai, kebetulan metromini yang beruntung saya tumpangi adalah 49 haha, kondisinya lumayan sepi, hanya ada pak supir tanpa kernet, anak muda yang duduk tepat dibelakangnya, 2 orang duduk di barisan pertama yang bersebelahan, seorang bapak di pojokan kursi panjang dibelakang dan sepasang suami isteri, beserta seorang anak perempuan sekitar 9-10 tahun yang duduk disamping ibunya di baris ketiga bagian tengah metromini, dan seorang anak perempuan lagi sekitar 4-5 tahunan yang tertidur di pelukan bapaknya, saya memutuskan untuk duduk di barisan kedua sebelah kiri yang kosong, tepat di depan ibu itu, kemudian percakapan ini terjadi antara ibu dan bapak tersebut :

I : si Ibu, B : si Bapak
I : Pak, hari ini masih ada duit ga?
B : Tinggal dikit, emang buat apaan?
I : Mau beli rokok, dari kemaren saya ga ngerokok..
B : Lho! tadi bapak kasi 50 rb habis buat apaan bu?
I : Iya itu buat makan anak ini aja habis 40rb, kata dokternya mesti pake ayam ama sayuran.
B : Oh gitu ya, yaudah ditahan dulu bu, sisanya buat beli makan ntar duitnya.
I : Iya, beli ayam gini hari mahal amat, mana si kakak minta dibeliin es krim lagi..
setelah itu saya ga denger lagi lanjutannya kayak gimana, soalnya ada pengamen yang nyanyi, kasian juga sih, ngeliat si kakaknya capek banget, dan si adik tidur dengan pulasnya, tapi miris juga, rokok itu sekrang jadi kayak kebutuhan primer setelah pangan, memang saya susah kalo nyuruh orang lain buat berhenti merokok, sebab saya sendiri masih kecanduan main game, kayaknya ga pantes aja gitu nasehatin org lain tapi diri sendiri masih ngelakuin hal yg mirip, tapi sekarang rokok itu gampang banget dicari dan harga per batangnya pun ada yang murah, jadi anak smp pun sekarang dah mulai kecanduan merokok, Tapi please guys, jangan merokok, saya kalo ngeliat sahabat saya ngerokok itu sebenarnya nyiksa banget, ga tega, bener, it just like watching your bro, burns their money and lungs. If you have a problem share it! do not use cigar or alcohol as your escapes, and if you smoke cause the weather is cold, stop! I can lend my jacket/sweater to you, as long as you guys don't smoke, it is fine for me okay?

What : 1. Stop Smoking!
             2. Be Grateful, you are lucky! 


5. What the ....!
Where : Metromini no. 49 - Utan Kayu
When : Friday, 15 to 20 minutes after the previous incident
Who : A Pair of Underage Working Street-singers


ga lama setelah metromini yang sama beerbelok ke arah utan kayu, 2 orang anak laki-laki sekitar kelas 3 atau 4 SD naik ke metromini dan mulai bernyanyi dengan tepukan tanpa alat musik, mereka kelihatannya agak kurang serius sebab mereka bernyanyi sambil bercanda-canda, dan tertawa, tapi hal yang membuat saya kaget adalah lirik yang mereka nyanyikan, yang kurang lebih kayak gini liriknya :


Bukan lautan hanya kolam susu,
pagi-pagi sarapan rokok dji-sam-soe
ga peduli kata orang tentang diriku
ibu bapak kerjanya ngomel melulu 

Bukan lautan hanya kolam bebek
bebek berenang bunyinya kowek-kowek
si bunga kerjaannya mamerin pe**k
sampai dirumah dia langsung dicekek

mendengar bait pertama saya sudah agak aneh, memasuki bait kedua, mereka mulai bernyanyi sambil ketawa-tawa, dan begitu saya mendengar liriknya, WTF!! sumpah bener-bener kaget dengernya, apa-apaan tuh anak seumuran segitu dah ngerti yang kayak begituan, bahkan mereka nyanyi sambil ketawa-tawa seolah mereka ga tau kalo apa yang mereka bilang itu salah, hmm, ya saya juga ga bisa nyalahin mereka sih, mungkin itu cara mereka untuk bisa ceria di sela-sela susahnya cari makan, tapi ya, ga habis pikir aja, anak umur segitu nyanyinya kayak gitu, yah tapi saya bisa apa? haha bahkan saya ga ngasi uang waktu mereka selesai ngamen, haha ya sudahlah mau diapain lagi? haha phlegma kumat..

What : Be a Good Father in the future okay :)!

"There'll be a good time, and there'll be bad times, and everything in between"
- James Morrison, Please Don't Stop the Rain -
 

0 comments:

Post a Comment