Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Saturday, December 24, 2011

Confession

"acknowledgment or disclosure of sin or sinfulness"

Now that I confess, means I have so much things that I was doing wrong.. hehe
terkadang saya bingung dengan diri saya sendiri begitu melihat atau mendengar teman-teman saya dengan semangat mereka yang begitu menggebu-gebu ingin pulang bertemu keluarganya disaat hari besar keagamaannya, atau sekedar menghabiskan hari itu di kampung halaman menikmati tradisi-tradisi yang biasa mereka jalani di hari itu, but, I just can't feel like them.

seperti teman-teman saya dari Bali, yang begitu inginnya berada di kampung saat hari galungan tiba, menikmati setiap prosesi upacaranya, dan melakukan tradisi-tradisi yang biasanya dilakukan pada hari itu, dan juga beberapa teman ada yang ditempatkan jauh dari Bali, dan merasa begitu sialnya ditempatkan bukan di Bali, tapi saya tidak, saya justru kadang merasa bersyukur di tempatkan di Jakarta ini, dan keinginan saya untuk pulang tidaklah sebesar itu, saya ini malah merasa sedikit malas, ga tau juga kenapa..



bukan berarti saya tidak kangen dengan keluarga saya di rumah, atau teman-teman di Bali, dan bukan pula karena saya tidak menyukai tradisi-tradisi yang berlaku disana, hanya saja, saya merasa rasa rindu saya akan kampung halaman tidak sebesar hampir sebagian besar yang teman-teman saya rasakan, dan saya ga tau kenapa, mungkin sense of belonging saya akan kampung halaman tidak ada, karena ya, saya tidak menghabiskan masa kecil saya disana, saya tidak mengerti rasa "kangen" mereka akan tradisi-tradisi itu, nilai-nilai keagamaan yang mereka dapatkan di hari raya itu, bukankah berarti saya bukan seorang hindu yang taat? mungkin juga haha,

saya selalu tau bahwa apa yang saya "tidak rasakan" ini salah, secara moral saya harusnya merasakan seperti apa yang teman-teman saya rasakan, dan inilah penyebab setiap kali ada teman yang menanyakan atau membahas mengenai masalah pulang kampung di hari raya, saya akan "sedikit" (haha yaelah, sedikit) berbohong, atau pura-pura kecewa ga bisa pulang hehe, sedikit soalnya kadang emang pengen pulang sih, walaupun bukan rindu akan tradisi-tradisi itu yang menyebabkan saya ingin pulang, haha in the end I am just a sinner right?.

 "Some people need three dozen roses, and that's the only way to prove you love them?"
- Alicia Keys, If I Ain't Got You -
 

0 comments:

Post a Comment