Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Saturday, October 27, 2012

Human Nature #7 : Envy

Envy, like the worm, never runs but to the fairest fruit; like a cunning bloodhound, it singles out the fattest deer in the flock


Envy - A feeling of discontented or resentful longing aroused by someone else's possessions, qualities, or luck.

Salah satu sifat buruk yang mendasar adalah rasa iri, ga bisa kita pungkiri kita pasti pernah di suatu saat merasa iri dengan apapun yang dimiliki oleh orang lain, mungkin harta merekalah, atau kekuatan mereka, paras mereka, dan yang paling mendasar kebahagiaan mereka.

Belakangan saya gampang sekali ngerasa iri ama temen-temen di sekitar saya, iri ketika mereka mendapatkan apa yang tidak saya dapatkan, iri ketika melihat mereka melewati apa yang tidak bisa saya lewati, iri saat melihat mereka bisa melakukan apa yang tidak bisa saya lakukan, dan yang paling parah itu saya bahkan iri dan sampai kesal ketika melihat teman saya sendiri sedang senang atau bahagia, haha parah ga tuh??

Tapi beneran ya ini jujur ada dua hal paling sulit yang belakangan saya rasakan, yang pertama adalah menerima kekurangan orang-orang yang dekat dengan saya, dan yang kedua adalah secara tulus ikut senang ketika orang-orang disekitar saya mendapatkan hal-hal yang bagus hahaha, emang ga semua hal-hal baik yang mereka dapatkan membuat saya iri, tapi ketika hal-hal itu ada sangkut pautnya dengan saya, nah baru! haha.

Kata orang-orang sih iri itu awal mula dari segala macam ketidakbahagiaan, di Hindu sendiri iri itu termasuk satu dari enam jenis keburukan umum yang dimiliki oleh manusia, memang ga semua rasa iri itu mendatangkan hal yang buruk, kadang rasa iri itu bagi sebagian orang justru menjadi motivasi bagi mereka untuk meraih apa yang orang lain bisa dapatkan, namun kebanyakan dari kita ujung-ujungnya akan mendapatkan sesuatu yang lebih buruk dari rasa iri tersebut.

Bukankah rumput tetangga bakalan selalu terliht lebih hijau? kalau kita terus memperhatiak halaman tetangga kita, kapan kita akan memperhatikan punya kita sendiri? Memang rasa iri sebenarnya bentuk jelmaan akan ketidak syukuran kita terhadap apa yang kita dapatkan, kita sibuk menghitung, melihat, dan memperhatikan setiap anugrah yang diterima oleh orang lain, tetapi lupa menghitung semua hal baik yang pernah kita dapatkan haha

Yah, saya sendiri masih belajar untuk lebih bersyukur supaya ga selalu iri ketika teman saya "memperoleh" sesuatu, apa saya terlalu berlebihan kali ya? haha hal-hal sepele kayak gini aja ampe dibikin tulisan kayak gini hehe.. :)

"Envy is the art of counting the other fellow's blessings instead of your own"
- Harold Coffin -

0 comments:

Post a Comment