Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Wednesday, September 7, 2011

EpicMafia

entah kenapa hari ini lancar banget kalo mau nulis,,
cukup dengan hal-hal ga jelas sekarang saatnya rekomendasi game!! :D

epicmafia
link diatas merupakan suatu situs game psikologi terkenal di dunia maya..
epicmafia adalah suatu game yang sebenarnya sederhana tetapi menjadi sangat kompleks dengan 50 role berbeda yang ada..

intinya ada 3 kubu berbeda, village, mafia, dan third-party..
kubu village akan menang jika seluruh mafia dan third-party mati, mafia akan menang jika jumlahnya sama atau melebihi kelompok village, sedangkan third-party bisa menang dengan berbagai macam cara tergantung role, terkadang mesti menjadi last-man standing, terkadang bisa joint-win dengan village atau bisa pula joint-win dengan mafia..

Gambar sewaktu di lobby


ada 3 fase dasar yang terjadi setiap harinya

1. diskusi setiap siang hari
baik village, mafia, dan third-party akan berdiskusi bersama-sama sebab mereka adalah satu desa, nah disini saatnya bagi villager untuk menemukan yang mana dari penduduk desa yang merupakan kelompok mafia atau third-party, sebab villagers tidak saling mengetahui, sebaliknya tiap-tiap mafia saling mengetahui mafia lainnya.. third-party sendiri tergantung rolenya ada yang independent ada yang berkelompok.,, disinilah kemampuan persuasi dan bersilat lidah diperlukan, dasar skill yang dibutuhkan dalam game ini haha, bagaimana cara anda meyakinkan teman/lawan dengan menggunakan kelogisan pemikiran anda, saya sendiri kadang berfikir sampai pusing saat didauluat menjadi vote-leader waktu kebagian peran jadi bulletproof haha..

2. voting untuk lynching
lynch adalah suatu peristiwa dimana seluruh penduduk desa memberikan satu suara untuk memilih siapa yang akan dibunuh, jadi semua penduduk desa baik itu village, mafia, ataupun third-party memiliki satu suara untuk voting. nantinya orang yang mendapatkan suara paling banyak akan mati dan diam di graveyard

diskusi dan voting untuk lynching

3. melakukan action di malam hari
setelah lynching selesai maka desa akan menjadi malam, semua role yang memiliki trait atau ability yang bisa digunakan malam hari akan melakukan aksinya, seperti cop yang bisa investigate, mafia yang berdiskusi untuk membunuh seorang yang bukan anggotanya, atau vigilante yang bisa menembak siapa saja yang dicurigai..

night action cultist
inti dari game ini adalah bagaimana caranya kamu membantu pihakmu menang dengan role yang kamu dapatkan, namun adakalanya third-party role seperty lyncher, killer, ataupun survivor mesti berjuang sendirian haha. overall game ini sangat menarik untuk dimainkan benar-benar mengasah kemampuan logika dengan menggunakan trik psiklogis maupun persuasif 8/10.


"Not brute force but only persuasion and faith are the kings of this world"
-Thomas Carlyle- 

0 comments:

Post a Comment