Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Monday, August 6, 2012

VARK Learning Types

If you know the enemy and know yourself, you need not fear the result of a hundred battles. If you know yourself, but not the enemy, for every victory gained you will also suffer a defeat. If you know neither your enemy nor yourself, you will succumb in every battle

Kalimat diatas adalah salah satu petuah dari Sun Tzu dibukunya yang berjudul "The Art of War", buku yang niatnya dirancang untuk berperang, tetapi pada praktiknya buku ini sangat populer sebagai pedoman strategi dalam hal apa saja, karena memang petuah dan strategi Sun Tzu dibuku tersebut sangat mungkin diaplikasikan di kehidupan nyata kita sehari-hari.

Bicara masalah perang, di era globalisasi seperti saat ini mungkin udah jarang banget terjadi perang yang seperti zaman penjajahan dulu, tetapi jangan salah justru di saat ini kita dihadapkan dengan banyak sekali kondisi yang membutuhkan strategi dan "perlawanan", salah satu contoh yang paling nyata adalah sebuah kompetisi baik dalam bidang apapun, dan bahkan berperang dengan diri sendiri adalah peperangan yang paling sering kita alami, dan juga perang yang paling susah untuk dimenangkan, cause the hardest battle in our lives is the battle against ourselves right? haha.

Nah, jadi ada dua hal yang harus benar-benar kita pahami sebelum mulai berperang dengan orang lain, Pertama adalah memahami diri sendiri, dan yang Kedua adalah memahami "musuh" karena memahami musuh lebih sukar untuk dipraktekan kan? Salah satu cara berkompetisi di era global saat ini adalah dengan mengetahui metode belajar yang manakah yang paling pas buat diri kita masing-masing, sebab dengan mengetahui hal itu membuat kita mampu untuk memahami suatu hal jauh lebih cepat dan tepat dibandingkan dengan orang lain. Nah di internet saya menemukan yang namanya VARK Learning Types, adalah 4 jenis tipe pembelajaran yang berbeda-beda dan tiap-tiap individu memiliki preferensi tersendiri terhadap 4 metode tersebut.

1. Visual Learners
Visual learners adalah orang-orang yang cepat belajar bila saat mereka menerima pelajaran terdapat peta, diagram, grafik, simbol-simbol panah, lingkaran-lingkaran, atau berbagai macam simbol yang dapat mereka gunakan untuk mewakili suatu kata atau kalimat. Ciri-ciri pembelajar visual adalah sebagai berikut :
  • Lebih mengingat apa yang mereka lihat dibanding apa yang mereka dengar
  • Menyukai seni seperti lukisan dibanding musik
  • Menaruh perhatian khusus kepada "body language" seseorang saat berbicara
  • Susah mengingat petunjuk yang diberikan secara verbal
  • Kalau udah naruh perhatian ke satu tempat, mudah lupa akan orang lain disekitarnya
Lalu jika kalian adalah tipe visual maka kalian akan menyenangi pengajar yang membawakan materinya dengan menggunakan simbol-simbol seperti diagram, grafik, bahkan hal-hal seperti flowchart akan membuat kalian lebih mudah dalam memahami materinya.

2. Auditory Learners
Auditory learners sebaliknya, lebih menyukai mendengarkan apa yang disampaikan pengajar atau teman-temannya dan bukan tipe orang yang senang membuat catatan, mereka memiliki ingatan yang kuat tentang apa yang orang lain katakan. Ciri-cirinya antara lain:
  • Mampu mengikuti instruksi verbal dengan gampang
  • Senang mendengar penjelasan orang lain dan sebaliknya juga senang menjelaskan sesuatu kepada orang lain
  • Senang berdiskusi dan berdebat
  • Menghidupkan musik saat bekerja atau belajar
  • Menghafal sesuatu dengan mengucapkannya keras-keras
Jadi kalau teman kalian senang menghafal sesuatu sambil mengucapkan hapalannya dengan keras artinya dia seorang auditory, dan orang visual ga bakalan bisa belajar bila berada di dekat orang-orang auditory seperti itu haha.

3. Reading and Writing Learners
Sebenarnya ini salah satu model baru, biasanya kan cuma ada 3 tuh haha, mereka adalah orang-orang yang menyukai kata-kata, dan mampu belajar cepat ketika melihat materi yang text-based. Ciri-ciri lainnya sbb:
  • Memanfaatkan textbook nya dengan optimal, kalo di kelas tipe ini yang suka melototin buku walaupun dosen di depannya udah ngomong dan ngasi diagram sekalipun.
  • Senang membuat catatan dari apa yang ditemukannya di buku, bukan dari apa yang dijelaskan oleh pengajar di depan.
  • Senang membuat "definisi" "list" dan tipe pembuat Powerpoint yang handal :P
  • Menyenangi materi pembelajaran seperti handout powerpoint.
  • Senang belajar lewat internet, seperti media google dan wikipedia
Kebanyakan pelajar pada umumnya adalah bertipe ini, sebab metode belajar yang diberikan ke kita dari SD adalah metode yang disukai oleh orang-orang dengan tipe ini, yang bagi mereka yang kurang suka akan mau ga mau "dipaksa" untuk beradaptasi dengan metode pembelajaran ini.

4. Kinesthetic Learners
Orang-orang kinestetik adalah orang-orang yang senang terlibat dengan aktifitas mengajar yang diberikan, mereka harus langsung mempraktekan apa yang mereka dapat dengan tangan mereka sendiri, mereka adalah tipe siswa yang tidak bisa berdiam diri saat belajar. Ciri-ciri lainnya adalah sbb:
  • Harus mencoba beberapa kali sebelum melakukan (misalnya senam, gerakannya biar hapal harus dicoba sendiri).
  • Mengingat apa yang mereka lakukan
  • Menyenangi hal-hal seperti team-building atau metode pembelajaran yang melibatkan aktifitas fisik
  • Ga bisa diem di kelas, mau itu goyang-goyangin kakilah, mengetuk-ngetuk meja dengan pulpenlah, mainin pulpen di sela-sela jarilah dan lain sebagainya.
  • Selalu menghubung-hubungkan pelajaran yang mereka dapatkan dengan pengalaman yang mereka alami.
Orang-orang kayak gini biasanya sumringah banget kalo udah disuruh praktek, mau itu olahraga, praktikum kimia, masak, dsb, kalo lagi team-building biasanya orang ini mendadak menjadi hiperaktif wkwk.

Nah, sebenarnya tipe belajar seseorang itu ga terbatas hanya di satu jenis, seiring dengan makin seringny kita memperoleh ilmu baru dengan berbagai macam metode, mau ga mau kita juga perlahan-perlahan mulai beradaptasi dengan hal yang pada awalnya tidak kita senangi, penasaran dengan tipe kalian? coba aja ikut tesnya DISINI, ingat jawabannya bisa dicentang lebih dari satu lho!


Skor saya sendiri:
Visual : 5
Auditory : 11
Kinesthetic : 5
Read n Write : 8

Jadi saya tipe yang sedikit kearah auditory dan Read and Write haha, nah kalo udah ngerti gimana diri masing-masing tinggal ngertiin "musuhnya" sekarang, yah kalo di proses belajar musuhnya ya materinya hehe.

"Even the finest sword, when plunged into salt water, will eventually rust"
- Sun Tzu, The Art of War -







0 comments:

Post a Comment