Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Saturday, February 5, 2011

Inherited Heritage

30 Januari 2010, puncak rangkaian acara STAN Annual Festival, dihiasi dengan acara paling meriah yang ada di STAN, yaitu HoE, a.k.a Heritage and Organda Expo..

HoE adalah dua rangkaian acara berbeda yang digabung menjadi satu.
Heritage, merupakan acara pentas seni yang menampilkan berbagai macam seni tradisional masing-masing daerah, yang mana masing2 organda dapat menampilkan seni suara, tari, drama, musik, bahkan semuanya sekaligus,, acara ini menjadi tontonan yang sangat menarik, sebab acara ini membuat kita dapat menyaksikan kesenian tradisional suatu daerah tanpa harus mengunjungi/pergi ke daerah yang bersangkutan.. Sedangkan organda expo, dijadikan ajang seperti layaknya pameran, dimana barang-barang yang dipamerkan adalah barang-barang khas daerah tertentu yang bentuknya dapat berupa kerajinan khas, makanan khas, pakaian khas, dan mungkin juga sampai ke kendaraan khas daerah masing-masing..



KMHB, yang telah mewakili nama Bali diajang ini 2 kali, kembali menampilkan sendratari yang mirip dengan apa yang pernah ditampilkan 2 tahun lalu... dan sekali lagi Bali berhasil meraih juara I untuk kategori heritage, ini adalah kemenangan ke-3 yang didapatkan kontingen Bali dari 3 kali partisipasinya pada ajang heritage, dan yang lebih membanggakan lagi, untuk pertama kalinya kontingen Bali juga berhasil memenagkan juara I Organda Expo, jadi pada tahun ini Bali, benar-benar menjadi juara Umum di acara HoE..

Banyak yang beranggapan jika wajar Bali meraih juara I heritage, dan mampu menampilkan suatu performa yang solid, sebab mereka beranggapan bahwa kami sudah "biasa" melakukan hal yang sama selama berada di Bali,, namun pada kenyataannya adalah tidak, memang dalam beberapa acara atau upacara keagamaan, sendratari dan musik menjadi suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan, namun upacara itu tidak setiap hari atau saat dilaksanakan,,

Menurut saya pribadi, orang-orang Bali sedari kecil sudah diperkenalkan dengan kebudayaan dan adat-istiadat masing-masing, mereka tumbuh dan berkembang diantara orang-orang yang paham dan mengerti tentang budaya Bali, jadilah mereka akan dengan mudah memahami dan mengerti tentang kebudayaannya sendiri, dan orang-orang Bali cenderung untuk memiliki jiwa fanatisme yang kuat (dalam arti yang bagus), sehingga sampai saat ini adat dan budaya Bali masih dapat dikatakan "lestari" bila dibandingkan dengan daerah2 lain di Indonesia..

Ya, kebudayaan memang sesuatu yang perlu kita lestarikan dan di Bali kebudayaan itu layaknya diwariskan dari generasi yang lama ke generasi yang baru, but, still, whether or not, the cultures and heritages are inherited, we should always keep it and take care of it :)

"To win one hundred victories in one hundred battles is not the highest skill. To subdue the enemy without fighting is the highest skill"
-Sun Tzu-

0 comments:

Post a Comment