Not all scars show, not all wounds heal. Sometimes you can't always see, the pain someone feels

- -

Thursday, February 7, 2013

Human Nature #11 : Impulsivity

When you were young, you don't really know quite what you're aiming at. You're very impulsive and acting on impulse, which is very important and valuable. But you're kind of swimming in a blind sea. When you got older, you should have more of a sense of direction.

Impulsif adalah seseorang yang berkata, bertindak, atau melakukan sesuatu tanpa memikirkannya terlebih dahulu, apalagi berfikir tentang dampak atau akibat tindakannya tersebut. Suatu tindakan dikatakan impulsif ketika tindakan itu memenuhi dua syarat, pertama tindakan itu dilakukan tanpa pertimbangan terlebih dahulu, dan yang kedua lebih memilih keuntungan jangka pendek dibandingkan dengan keuntungan jangka panjang. 

Semua orang bisa menjadi impulsif di saat tertentu, utamanya ketika seseorang itu sedang melakukan hal yang sudah sering mereka lakukan, sedang melakukan hobinya, atau justru saat orang itu berada di situasi yang sangat intense. Beberapa contoh nyata suatu impulsivitas sering sekali saya dalam peristiwa sehari-hari, misalnya :

Impulsive Eating
Lagi diet, lapar mata, terus diembat semua makanan mulai dari appetizernya sampai desserts ckck, terus kemudian ngomong " Duh, gagal deh dietku" wkwk, ini contoh paling gampang dari impulsivitas (dari kemaren contohnya diet mulu), atau ada maicih level 99 langsung dihajar aja mentang-mentang seneng pedas, eh besoknya mencret hahaha (entah kenapa bahasa saya tiba2 jadi sarkasme gini)

Impulsive Buying
Contoh paling gampang kedua, adalah membeli barang secara impulsif haha, ada gadget baru, ga mikir panjang, dibeli, ada iPhone 5 harga 8 juta teteap diembat, padahal penghasilan sebulan cuma 1/2 nya hahaha, ada buku Agatha Christie cetakan baru di gramedia, main beli aja padahal yang lama belum habis dibaca (curhat), beli pakaian buat ngikutin mode, eh ntarnya cuma dipake sekali dua kali doang.

Impulsive Mindset
a.k.a mainstream-followers haha, rajin ngeliat Trending Topics di Twitter, ngeliat hashtag #saveKPK ikut-ikutan nge-tweet pake hashtag yang sama, padahal sebenarnya ga ngerti apa yang terjadi ama KPK, nonton film 5cm dan 5 menit setelah selesai nonton ngajakin temen-temenya buat trekking, eh 5 bulan kemudian ga kemana-mana haha, ada lagi yang blogwalking, merasa terinspirasi, ngepost 1-2 tulisan, 2 bulan kemudian tulisannya ga nambah-nambah hehe.

Sekali lagi, saya 100% ga ada niat buat ngomongin orang lain, saya juga kadang impulsif, contoh paling nyata aja pas trading saham, ga jarang saya sesekali "ngikutin arus" ketika tiba-tiba ada saham lapis ketiga yang "digoreng" langsung menghiasi running-trade dengan kenaikan yang cukup signifikan, saya tanpa pikir panjang, ikut "kereta" nya si BD yang ngegoreng saham itu, dan so far hasilnya 50-50, kadang gain cukup besar dengan jadi follower, dan kadang sebaliknya rugi besar, tapi yang jelas emang lebih memacu adrenalin gitu ngeliat running trade begitu dah beli sahamnya, tapi ya even saya gain sekalipun tetep aja ga sepuas kalo gain dari saham yang di kekep 2-3 bulan haha.

Menurut saya sendiri kadang menjadi orang yang impulsive itu bagus, yah at least kita berani action daripada kebanyakan mikir tapi ga jadi-jadi kan? hehehe

"Tarot Cards, Gems and Stones, believing all that shits gonna heal your soul"
- The Script , Six Degress of Separation -


0 comments:

Post a Comment